Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Peningkatan Interaksi Belajar Kalkulus dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Stay Two Stray (TSTS) pada Mahasiswa Pendidikan Matematika
. Sumargiyani

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD Yogyakarta pada mata kuliah Kalkulus Diferensial Tahun Akademik 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas C program studi Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2015/2016 yang mengambil mata kuliah kalkulus diferensial. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada mata kuliah Kalkulus Diferensial pada mahasiswa kelas C Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2015/2016.Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan tes.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan interaksi belajar mahasiswakelas C Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2015/2016 pada mata kuliah Kalkulus Diferensial. Hal ini terbukti dari hasil observasi rata-ratainteraksi belajar pada Siklus I sebesar 58.71%(kriteria cukup), mengalami peningkatan pada Siklus II meningkat menjadi 70.68% (kriteria baik). Pada Siklus III meningkat menjadi sebesar 80.95%(kriteria sangat baik). Berdasarkan hasil wawancara pembelajaran dengan model TSTS ini juga mendapat respon yang positip dari mahasiswa.

 

Kata Kunci:Interaksi, Model Pembelajaran, TSTS.


Full Text: PDF