Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
ANALISIS PENGARUH NAMA BAIK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) DI KOTA SEMARANG
Edy Suryawardana, Tri Endang Yani

Last modified: 2016-01-24

Abstract


Sebagian besar bisnis dunia saat ini dilaksanakan dengan tidak meninggalkan bahan bakar minyak. Terlebih lagi untuk industri manufaktur. SPBU atau Stasiun Bahan Bakar Umum merupakan tempat bagi para pihak yang membutuhkan bahan bakar untuk kegiatan bisnis ataupun menunjang aktivitasnya dalam bekerja. Objek peneliti dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bernama Stasiun Pompa Bahan Bakar Umum yang ada di kota Semarang. Dengan melakukan penelitian mengenai “Analisis Pengaruh Nama Baik Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Di Kota Semarang”, diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis di bidang SPBU untuk memilih dan menentukan apakah bentuk kegiatan ini cukup efektif dalam mempengaruhi konsumen dan dapat menyusun strategi agar perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang kuat, sehingga perusahaan dapat bertahan dan terus maju dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kepercayaan ( X1 ), Nama baik perusahaan ( X2 ) dan Kualitas pelayanan ( X3) sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terhadap seluruh data yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kepercayaan (X1) terhadap keputusan

pembelian (Y) dapat diterima.

2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel nama baik perusahaan (X2) terhadap keputusan

pembelian (Y) dapat diterima.

3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kualitas layanan (X3) terhadap keputusan

pembelian (Y) dapat diterima.

Kata Kunci : kepercayaan, nama baik perusahaan, kualitas layanan, keputusan pembelian.


Full Text: 602-614