Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP KELAS TUJUH
Supandi Supandi, Widya Kusumaningsih, Agung Handayanto

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran realistic mathematics berbasis pemecahan masalah dari sisi ketuntasan, nilai akademik, dan pengaruh aktifitas. Kemampuan pemecahan masalah dengan pendekatan RME pada penelitian ini akan diterapkan pada materi segi empat pada siswa kelas tujuh semester dua. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu Analisis Dara hasil belajar meliputi Validasi Butir Soal, Menguji Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda. Selanjutnya Analisis Data yaitu Uji normalias, Uji Homogenitas dan Uji Efektifitas Pembelajaran. Hasil Penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah Matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran RME lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran menggunakan media Lembar Kerja Siswa dalam metode discovery maupun dengan model pembelajaran ekspositori. Kemampuan pemecahan masalah Matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran menggunakan media Lembar Kerja Siswa dalam metode discovery tidak berbeda secara signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan segi empat.

 

Kata Kunci : Matematika Realistik, berbasis masalah, Ekspositori


Full Text: 333-338