Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika SMP Kelas Tujuh pada Materi Segiempat dan Segitiga
Bambang Wahyu Nugroho

Last modified: 2016-01-21

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterkaitan antara pemahaman konsep dalam menyelesaikan suatu masalah pada materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berlangsung pada bulan Februari 2015 di SMP Negeri 21 Semarang dengan subyek kelas VII-C. Metode dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dengan metode think aloud dan wawancara. Tes pemahaman konsep diberikan kepada 29 siswa, kemudian dipilih 3 (ZM, OI, BM) yang akan mengerjakan tes kembali dengan metode think aloud dan kemudian diwawancarai berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Data hasil tes tertulis dan data hasil tes wawancara kemudian dibandingkan dengan triangulasi teknik untuk mendapatkan data yang valid tentang pemahaman konsep siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemecahan masalah segiempat dan segitiga berkaitan erat dengan pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa. Banyak siswa yang tidak mampu menyelesaikan masalah segiempat dan segitiga dikarenakan tidak memahami konsep. Pemahaman konsep yang dimaksud adalah pengetahuan tentang konsep segiempat dan segitiga, kemampuan melakukan operasi matematis yang berkaitan dengan konsep tersebut utamanya operasi aljabar, dan kemampuan menjalin relasi antara konsep garis, konsep sudut dengan konsep segiempat dan segitiga. Selain itu, pengembangan konsep segiempat dan segitiga hanya dapat dilakukan bila siswa mampu memahami konsep tersebut. Bila siswa belum memahami konsep segiempat dan segitiga maka pengembangan konsep sulit dilakukan sendiri oleh siswa sehingga harus didorong oleh guru.

 

Keywords : pemahaman, konsep, masalah, segiempat, segitiga


Full Text: 301-307