Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Pengembangan E-Modul Bilingual Berbasis Edutainment Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi
A B Prabowo A B Prabowo, Aryo Andri Nugroho, Heni Purwati

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Tujuan penelitian yaitu menghasilkan e-modul yang berbasis edutainment baik secara konten materi maupun penyajiannya, yang mampu memberikan kontribusi pada pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah matematika ekonomi. Penelitian ini pengembangan e-modul yang berbasis edutainment yang mengacu pada Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Tahap pengembangan e-modul dari 4-D (Four D Perangkat) Thiagarajan Semmel dan Semmel untuk merancang e-modul yang berbasis edutainment pada mata kuliah matematika ekonomi. Proses pengembangan e-modul yang berbasis edutainment pada mata kuliah matematika ekonomi dimulai dari tahap pendefinisian atau analisis. Proses merancang e-modul yang dikembangkan berdasarkan informasi yang diperoleh dari tahap analisis awal-akhir, mahasiswa, materi, tugas yang mendukung kemudian dilakukan tahap perancangan atau design. Dan selanjutnya tahap terakhir adalah tahap development. Pengembangan e-modul yang berbasis edutainment pada mata kuliah matematika ekonomi yang dikembangkan teruji valid secara isi dengan hasil penilaian untuk media rata-rata sebesar 72,5% . Sedangkan penilaian validator untuk materi rata-rata sebesar 89%. Hasil tersebut berdasarkan penilaian validator memberikan nilai baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi.

 

Keyword: pengembangan, e-modul, edutainment, matematika ekonomi


Full Text: 168-175