Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
EKSPLORASI PRAKTEK SCIENTIFIC INQUIRY PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN
Fenny Roshayanti, Sumarno Sumarno, Muhammad Syaipul Hayat, Ipah Budi Minarti

Last modified: 2016-01-21

Abstract


 

Penelitian ini mengeksplorasi praktek scientific inquiry pada pembelajaran Struktur Perkembangan Tumbuhan (SPT). Subyek penelitian merupakan proses pembelajaran pada mata kuliah SPT, tahun akademik 2014/2015. Representasi praktek scientific inquiry diperoleh berdasarkan hasil transkrip wacana dialog dosen-mahasiswa yang direkan melalui videotape selama pembelajaran SPT. Segmentasi transkrip videotape menggunakan model siklus ESRU (Eliciting, Students Responts, Recognising, Using Information). Hasil transkripsi videotape dianalisis berdasarkan kategori kerangka kerja epistemik dan konseptual pada scientific inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana dialog dosen-mahasiswa lebih didominasi dosen, dosen banyak menampilkan siklus ESRU tidak lengkap dalam praktek scientific inquiry. Hal tersebut menunjukkan dosen mendominasi praktek scientific inquiry, dibandingkan dengan mahasiswa.

 

Kata kunci: ESRU siklus, kerangka kerja epistemic, scientific inquiry


Full Text: 151-157