Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif SD Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Nilai Karakter Peserta Didik
Fine Reffiane, Henry Januar, Husni Wakhyudin

Last modified: 2016-01-11

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan implementasi pembelajaran model Problem Based

Learning yang dapat mengembangkan nilai karakter peserta didik. Penelitian ini dapat memberikan

pengetahuan, pembaharuan dalam pembelajaran dan motivasi bagi guru SD serta mendapatkan perangkat

pembelajaran tematik integratif SD model Problem Based Learning untuk mengembangkan nilai karakter

peserta didik.

Penelitian ini di lakukan di SD N Rejosari 3 Semarang pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik SD N Rejosari 3 Semarang kelas V tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini mengacu pada One Group PretestPosttest Design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding.

Metode pengumpulan data meliputi Lembar observasi nilai karakter, lembar Angker Respon, dan Soal Tes

peserta didik. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil perhitungan didapatkan prestasi belajar peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai nilai thitung sebesar 5,765 dengan ttabel sebesar 1,699 untuk df = 29 dan α=0,05. Prestasi belajar peserta didik sesudah diberi perlakuan lebih baik disbanding sebelumnya dengan sesudah pembelajaran 81,59 dan sebelum pembelajaran 64,69. Nilai Karakter peserta didik pada kelima aspek yaitu menghargai, disiplin, rasa ingin tahu, jujur dan tanggung jawab dikategorikan tinggi. Hampir seluruh peserta didik merespon positif selama proses pembelajaran melalui model Problem Based Learning.

Kata kunci : Problem Based Learning, nilai karakter


Full Text: 9-17