Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
IMPLEMENTASI BUKU SISWA IPS KELAS VII SMP EDISI REVISI 2014 DAN EDISI REVISI 2016
Oktaviani Adhi Suciptaningsih, Sumarno Widodo, Titik Haryati, Endang Wuryandini

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Buku siswa merupakan buku yang dipersiapkan oleh Pemerintah dalam rangkamengimplementasikan Kurikulum 2013. Dalam perkembangannya buku siswamengalami penyempurnan. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikanbuku siswa IPS kelas VII SMP edisi revisi 2014 dan edisi revisi 2016.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Hal yangdilakukan adalah menganalisis buku siswa IPS kelas VII SMP edisi revisi 2014dan edisi 2016, kemudian mengobservasi implementasi kedua buku tersebut Subyek penelitiannya adalah guru IPS kelas VII SMP dan siswa kelas VII SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi dan teknik analisa data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat penyempurnaan di beberapa bagian buku, yakni mulai dari materi, ilustrasi gambar, aktivitas individu dan kelompok yang dibuat sebagai panduan bagi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Implementasi kedua buku siswa dalam pembelajaran mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kesimpulannya adalah revisi buku siswa merupakan salah satu bentuk inovasi dalam proses pembelajaran, karena didalamnya terdapat proses perbaikan dan penyempurnaan kualitas buku.Kata Kunci : Implementasi, Buku Siswa, IPS, Kelas VII SMP

Full Text: 560-570