Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
ANALISIS KUALITAS SILABUS DAN RPP BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF DITINJAU DARI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA
Joko Sulianto, Veryliana Purnamasari, Sukamto Sukamto, Husni Wakhyudin

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini mengenai kebutuhan perangkat pembelajaran, khususnya silabus dan RPP. Guru belum mengembangkan secara optimal silabus dan RPP yang berbasis tematik integratif untuk mengembangkan nilai karakter dalam kegiatan mengajarnya. Hal lain yang melatarbelakangi penelitian ini, kebanyakan guru SD mengalami kesulitan dalam mengembangkan silabus dan RPP berbasis tematik integratif duntuk mengembangkan karakter siswa untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar.Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan silabus dan RPP berbasis tematik integratif yang dapat mengembangkan karakter SD, memberikan pemahaman kepada guru tentang pentingnya perangkat pembelajaran yang efektif yang dapat mengembangkan nilai karakter siswa SD, memberikan informasi kepada guru tentang pentingnya pengembangan nilai karakter untuk siswa SD. Metode yang akan diterapkan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode survey dengan menggunakan rumusan masalah dekriptif. Penelitian ini menitik beratkan pada permasalahan silabus dan RPP dalam pembelajaran di Sekolah Dasar di Kota Semarang. Obyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar di Kota Semarang. Penentuan sumber data dilakukan dengan purposive. Hasil penelitian kualitas silabus dan RPP yang ada di Sekolah Dasar Negeri di Kota Semarang sebagai berikut silabus yang dikembangkan sudah memuat nilai karakter yang akan dijadikan acuan dalam pembuatan RPP, RPP yang dikembangkan sudah merupakan implementasi dari silabus yang sudah memuat nilai karakter yang tertuang dalam kegiatan pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan khususnya pilotting kurikulum 2013 diawali dengan pemetaan kompetensi dasar dan indikator.Kata kunci : silabus dan RPP, tematik integratif, nilai karakter

Full Text: 533-542