Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016

Font Size: 
ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR
Fine Reffiane, Henry Januar Saputra, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2017-01-09

Abstract


Tujuan peneliti ini mengetahui respon tentang media yang dibutuhkan dalam pembelajaran sekolah dasar daerah kecamatan rowosari. Media pembelajaran merupakan alat bantu mengajar yang berguna menciptakan lingkungan belajar untuk menunjang terhadap proses pembelajaran. Penggunaan media belajar harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian siswa. Dengan perhatian siswa yang fokus dalam proses belajar, siswa akan mudah menerima materi dan diharapkan tujuan pembelajaran tersebut tercapai. Media pembelajaran merupakan hal yang paling mempengaruhi dalam proses pembelajaran. Sehingga dalam pembelajaran, diperlukan pengembangan media. Hasil data yang didapat dengan pengambilan kuisioner untuk guru dan siswa di beberapa sekolah di kabupaten Kendal kecamatan rowosari meliputi MI/NU 41 tambak sari kabupaten kendal, SD N Gebanganom kabupaten Kendal, SD N rowosari Kendal, menurut siswa dengan pengisian lembar kuisioner masih rendah dengan skor rata-rata 44,9% sedangkan sisanya menilai dengan menggunakan lembar kuisioner yang di bagi masih sedang dengan skor rata-rata 54,9%. Untuk hasil penggunaan media pembelajaran dalam menjelaskan pelajaran masih dalam kriteria sedang dengan skor rata-rata 100% dikarenakan tidak semua pelajaran dan materi yang disampaikan dapat menggunakan media, dengan salah satu faktor keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah baik yang swasta dan negeri .Kata Kunci: media, kuisioner guru,kuisioner siswa

Full Text: 233-239