Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN 2015

Font Size: 
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU SMP NEGERI 2 PECANGAAN KAPUPATEN JEPARA
Fenny Roshayanti, Nizarudin Nizarudin, Muhtarom Muhtarom, Sumarno Sumarno, M. Syaipul Hayat

Last modified: 2017-01-07

Abstract


Rendahnya motivasi guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan terhambatnya kenaikan pangkat dan golongan karena faktor karya ilmiah menjadi latar belakang bagi Tim IbM untukmelaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan PTK bagi guru-guru SMP N 2 Pecangaan. PTK sebenarnya sudah lama dikenalkan bagi guru sebagai bentuk penelitian reflektif untuk memperbaiki pembelajaran di kelas, namun masih jarang diimplementasikan. Secara  umum guru mengalami hambatan secara psikologis yaitu merasa tidak mampu atau sudah cukup dengan pangkat dan golongan yang dimiliki, maupun hambatan secara teknis terkait kemampuan menuangkan gagasan identifikasi masalah, mensintesis kajian ilmiah yang mendasari pemecahan masalah, menyusun instrument PTK maupun mengkomunikasikan hasil PTK secara tertulis. Kegiatan pelatihan dan pendampingan melalui kegiatan IbM Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP N 2 Pecangaan mampu memperoleh pemahaman penyusunan PTK, mengidentikasi hingga perumusan masalah, mengidentifikasi kajian ilmiah yang dapat digunakan untuk sebagai dasar pemecahan masalah, serta melakukan refleksi dan pembahasan hasil penelitian tindakan.Selama mengikuti kegiatan peserta merasa terbantu danmemberikan respon positif untuk diselenggarakan kegiatan sejenis.Keywords: Training and guiding, action research class, teacher of SMPN 2 Pecangaan.

Full Text: 112-115