Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN 2015

Font Size: 
PENYULUHAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA SEBAGAI WUJUD PEMBELAJARAN ETIKA PERCAKAPAN ANAK BAGI PENGAJAR ABK DI LEMBAGA TERAPIS AUTISM CRAYON MARGOYOSO JEPARA
Ambarini Asriningsari, Eva Ardiana Indrariani, Azzah Nayla, Muhajir Muhajir

Last modified: 2017-01-07

Abstract


Kategori  anak  yang  memiliki  kebutuhan khusus  dapat  dijadikan pembelajaran  yang  sangat penting dikarenakan  tingkat sosialisasi dan kecerdasan mereka berbeda dengan anak normal lain dari segi kesantunan berbahasa.  Dalam kasus    kesantunan    berbahasa,    maka   perlu    diadakan    pembelajaran    yang lebih khususterhadap  pembelajaran  berbahasa  yang  santun  bagi  anak  berkebutuhan khusus. Untuk itu,  Pendidik atau  pengajar  lebih memperhatikan dengan lebih intensif    dalam    memberikan    pembelajaran    berbahasa yang santun    bagi    peserta didik  anak berkebutuhan  khusus  agar  tidak terjadi pelanggaran berbahasa  yang berkaitan dengan prinsip kesantunan.Dalam  penyuluhan  ini,  solusi  yang ditawarkan  adalah  memberikan  strategi kronologis.  Metodepelaksanaan  yang digunakan  dalam  kegiatan  IbM  ini  adalah penyuluhan dan pendampingan. Adapun materi dalam kegiatan  IbM  ini  yaitu konsep  prinsip  kesantunan  Berbahasa  Indonesia. Tim  pengabdianmemberikan materi  dasar  dan  pendampingan  yang mengarah  pada  pemahaman  mitra  untuk mengajarkananak  berkebutuhan khusus  dalam  berkomunikasi  dengan memperhatikan  bahasa  yang santun.  Setelahpenyampaian  materi  tersebut dilakukan,  peserta diberi  kesempatan untuk  bertanya  dan  praktik,  kemudian dilakukan  evaluasi. Hasil  dari  kegiatan  ini  adalah  para  pengajar  anak  berkebutuhan khusus  di  Lembaga Terapis Autism Crayon Margoyoso Jepara terampil menciptakan lingkungan bahasa yang santun.Keywords: Principles of politeness Indonesia, tutors children with special needs

Full Text: 93-99