Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN 2015

Font Size: 
PENGAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI EDUCATIVE SONG
Ratna Kusumawardhani, Rahmawati Sukmaningrum, Faiza Hawa

Last modified: 2017-01-07

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini fokus pada pengajaran bahasa Inggris pada anak usia dini dengan menggunakan educative song yang diberikan kepada IGTKI Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Kegiatan ini berbentuk tiga tahap pelatihan, yaitu lecturing (pemberian materi), drilling and practicing (latihan dan praktek), dan drilling and grouping (latihan dan grup presentasi). Monitoring juga dilakukan oleh TIM Pengabdian Masyarakat untuk memantau hasil dari aplikasi educative song sebagai media pengajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini dan mengatasi kendala atau permasalahan yang dihadapai para guru PAUD dan TK. Dalam pelatihan ini, guru-guru PAUD dan TK tidak hanya diajari untuk melafaskan kosa kata bahasa Inggris dengan benar, tetapi juga diajarkan untuk menyanyikan lagu edukatif anak-  anak untuk dapat dipergunakan sebagai media pengajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini dengan cara yang menyenangkan dang menghibur. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam berbahasa Inggris dan juga untuk meningkatkan ketrampilan para guru PAUD untuk mengajar bahasa Inggris untuk anak usia dini dengan cara yang menyenangkan, stressless (tanpa tekanan) dan menarik minat anak untuk belajar bahasa Inggris lebih lanjut.Keywords: Pengajaran Bahasa Inggris, Anak Usia Dini, Edukatif Song.

Full Text: 73-79