Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Strategi Pembelajaran Fisika Memukau (Menemukan, Menjelaskan, dan menarik Kesimpulan) Konsep Fluida Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Semarang
Anies Asriani

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Pengamatan terhadap nilai-nilai hasil ulangan siswa yang didominasi besaran di bawah nilai standar ketuntasan yang melatar belakangi aktivitas Penulis untuk mencari solusi dengan cara mendesain strategi pembelajaran yang diterapkan pada siswa SMA di kelas XI jurusan IPA. Bagaimana caranya supaya siswa di dalam belajar fisika mampu berpikir logis, mempunyai semangat belajar dan tidak merasa bosan, tidak mudah lupa terhadap materi yang dipelajari, dan memahami sepenuhnya akan konsep dari materi tersebut, dapat mengaplikasikan dalam persoalan yang berkaitan dengan konsep tersebut dan lain-lain. Untuk itu kegiatan pembelajaran di kelas dilakukan dengan menggabungkan berbagai metoda pembelajaran sain, seperti demonstrasi, eksperimen, kooperatif dan kolaborasi, dan menmanfaatkan berbagai media pembelajaran, seperti penggunaan alat peraga sederhana, serta hand phone ( fitur kamera dan video.) Kegiatan ini berjalan terencana, sistematis dan menghasilkan produk yang jelas dapat diamati dan terukur.Siswa dilatih dan difasilitasi untuk mampu „Menemukan konsep , Menjelaskannya dan Menarik kesimpulan‟ sendiri atas persoalan yang dihadapi. Perlahan tapi pasti, kegiatan ini menurut Penulis telah mengubah cara pandang siswa terhadap pelajaran fisika, bahwa fisika itu menyenangkan untuk dipelajari. Hal ini tentu saja diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk mencapai hasil atau nilai yang lebih tinggi.

Full Text: PDF