Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Media Pembelajaran Fisika Berbasis Laboratorium
G. Budijanto Untung

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Berdasarkan kata media atau medium yang berarti perantara, maka judul di atas dapat diartikan bahwa laboratorium Fisika merupakan perantara untuk pembelajaran Fisika. Dalam membuat media pembelajaran Fisika yang perlu diperhatikan adalah prosesnya yaitu bahwa media itu diharapkan dapat menjelaskan secara bertahap, langkah demi langkah peristiwa atau fenomena fisika itu terjadi. Akibatnya siswa yang sedang mengikuti pembelajaran tersebut seakan-akan hadir menikmati peristiwa itu terjadi secara mendetil dan akurat sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi siswa terhadap pembelajaran Fisika. Akhirnya tujuan pembelajaran Fisika dapat tercapai dan guru serta siswa puas dalam pembelajaran Fisika. Bila strategi pemanfaatan laboratorium ini dalam pembelajaran Fisika dapat diterapkan dengan baik maka akan memudahkan seorang guru maupun calon guru untuk menerapkannya pada berbagai cara atau model mengajar manapun. Guru maupun calon guru dapat mengajar dengan mantap akibatnya dapat memperkuat konsep Fisika siswa dan menghindari miskonsepsi. Akhirnya dapat disimpulkan kalau media pembelajaran berbasis laboratorium diharapkan dapat relating, experiencing, applying, cooperating dan transfering pada guru dan siswa.
Kata kunci: Laboratorium Fisika, relating, experiencing, applying, cooperating, transferring

Full Text: PDF