Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Kelas XI RPL 1 SMK N 8 Semarang
Nur Afifah, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Susilawati Susilawati

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar fisika melalui penerapan pendekatan kontekstual menggunakan media video pada siswa kelas XI RPL 1 SMK N 8 Semarang pada materi optik dan alat-alat optik. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus menggunakan empat tahap antara lain: tahap persiapan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Hasil analisis observasi keaktifan siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 45.88 dan prosentase kinerja guru diperoleh 67.31%, keaktifan siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 59 dan prosentase kinerja guru diperoleh 73.07%, dan keaktifan siswa pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 55 serta prosentase kinerja guru diperoleh 84%. Pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menggunakan media video, banyak aktifitas yang dilakukan siswa baik secara individu maupun berkelompok misalnya, berdiskusi dengan siswa lain, menanggapi pertanyaan guru berdasarkan video pembelajaran yang diputar, bertanya dan menyimpulkan materi pelajaran. Semua aktifitas ini bermanfaat bagi siswa karena siswa mencari pengalaman dan mengalami sendiri, hal ini akan membuat palajaran lebih menarik dan berhasil.
Kata kunci: pendekatan kontekstual, media video, hasil belajar

Full Text: PDF