Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Dengan Metode The Power Of Two Dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sale
Charisma Dita Ayuningtyas, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Affandi Faisal Kurniawan

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh antara metode pembelajaran The Power of Two dan metode pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri 1 Sale Kabupaten Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sale tahun ajaran 2012/ 2013 sebanyak 6 kelas. Sampel dari penelitian ini kelas X-6 sebagai kelas eksperimen I menggunakan metode pembelajaran The Power of Two dan kelas X-5 sebagai kelas eksperimen II menggunakan metode pembelajaran Make a Match dan X-4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Random Sampling. Data hasil penelitian di analisis menggunakan uji-t ( satu pihak ). Berdasarkan penelitian didapatkan hasil belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran The Power of Two lebih baik dari pada Metode Make a Match. Hasil belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran The Power of Two lebih baik dari pada Model pembelajaran Ekspositori. Hasil belajar siswa yang memperoleh metode Make a Match lebih baik dari pada model Ekspositori. Hasil tersebut dapat ditunjukan dari hasil perhitungan uji-t bahwa ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ .Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran The Power of Two lebih berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA negeri 1 Sale Kabupaten Rembang dalam pokok bahasan suhu dan kalor.
Kata kunci: The Power of Two, Make a Match, Hasil Belajar, Purposive Random Sampling

Full Text: PDF