Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Menggunakan Peta Konsep dan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Siswa
Winarti Winarti, Nur Khoiri, Didik Aryanto

Last modified: 2013-09-29

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) dengan peta konsep dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pancur Kabupaten Rembang tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian adalah true-eksperimental dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan instrument tes, dimana tes dilakukan pada kelas kontrol (diterapkan model pembelajaran konvensional), kelas eksperimen 1 (kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan peta konsep) dan kelas eksperimen 2 (kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan peta pikiran). Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji anava dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan perbedaan rata-rata pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional, pembelajaran kooperatif TGT dengan peta konsep dan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini ditunjukkan dari nilai Fhitung>Ftabel. Hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif TGT dengan peta pikiran lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif TGT dengan peta konsep siswa. Perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan penerapan model pembelajaran kooperatif TGT dengan peta pikiran dan peta konsep siswa diperoleh dari nilai thitung>ttabel. Hasil penelitian didapatkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan peta pikiran dan peta konsep lebih efektif untuk pencapaian hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Pancur kabupaten Rembang tahun ajaran 2012/2013 pada pokok bahasan tekanan.
Kata kunci: Model pembelajaran, TGT, Peta Konsep, Peta pikiran, hasil belajar.

Full Text: PDF