Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Identifikasi Keterkaitan Konsep Fisika Tentang Gaya dengan Kegiatan yang Sering Dijumpai Siswa Sekolah Dasar
Lani Prabawati, Diane Noviandini, Ferdy S. Rondonuwu

Last modified: 2013-09-25

Abstract


Pembelajaran konsep fisika melalui pengalaman yang nyata akan lebih mudah dipelajari siswa SD. Banyak pengalaman siswa di sekitar yang belum digunakan dalam pembelajaran. Untuk bisa digunakan dalam pembelajaran, pengalaman atau kejadian disekitar perlu diidentifikasi terlebih dahulu.Paper ini melaporkan hasil identifikasi kejadian di lingkungan yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran konsep dasar fisika serta lokalisir konsep itu sehingga sesuai dengan tingkat berpikir siswa SD. Langkah yang dilakukan dalam identifikasi adalah dengan merekam terlebih dahulu kejadian yang sering dijumpai siswa SD ke dalam bentuk video. Dari rekaman video tersebut, berhasil teridentifikasi konsep dasar fisika tentang gaya, yaitu:pengaruh gaya terhadap benda, macam-macam gaya dan, aplikasi gaya dalam pesawat sederhana. Hasil identifikasi dalam penelitian ini dapat dijadikan sumber belajar guru dalam persiapan pembelajaran kontekstual.
Kata kunci : identifikasi, konsep dasar fisika, gaya

Full Text: UNDUH