Seminar Universitas PGRI Semarang, lpf2013

Font Size: 
Pendidikan Fisika Dalam Upaya Membentuk Manusia Indonesia Seutuhnya
Prabowo Prabowo

Last modified: 2013-09-19

Abstract


Pembenahan kurikulum untuk pembelajaran Fisika tidak perlu dilakukan secara total, karena konsep-konsep dasar harus selalu dijaga keberadaannya. Materi kurikulum yang dipandang tidak sesuai dengan perkembangan IPTEK hendaknya dihapus untuk memberikan tempat bagi materi yang sesuai dengan perkembangan tersebut. Untuk mencegah terjadinya kurikulum yang overloaded, diperlukan pengintegrasian materi kurikulum. Pembentukan manusia Indonesia seutuhnya, sedapat mungkin dimulai sejak usia dini dengan melalui proses pembelajaran kognitif, afektif, maupun psikomotor. Dengan demikian penilaian secara terintegrasi yang melibatkan ketiga ranah tersebut mutlak diperlukan.
Kata kunci: kurikulum, penilaian terintegrasi.

Full Text: PDF