Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional HIMA PGSD 2019

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 02 BUGANGAN
Indra Pramono

Last modified: 2019-06-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran  Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA materi siklus daur hidup mahkluk hidup siswa kelas IV SDN 02 Bugangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 02 Bugangan Semarang tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini merupakan penelitian  pre-eksperimen dengan  jenis  penelitian  yang digunakan  adalah  one group pretest-posttestdesignyang menggunakan teknik sampling yaitu non probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik tes dan non-tes(observasi dan dokumentasi). Berdasarkan hasil  analisis  menunjukkan  bahwa  dengan  perolehan  perhitungan  nilai  hasil belajar pretest dan posttest terdapat berbedaan. Hal itu dibuktikan dengan diperolehnya nilai pretest dengan rata-rata 63,56 mencapai ketuntasan 40% atau

10 siswa yang tuntas dan 60% atau 15 siswa tidak tuntas. Dan hasil posttest dengan rata-rata 74,96 mencapai ketuntasan 84 % atau sebanyak 21 siswa yang tuntas KKM dan hanya terdapat 4 siswa yang tidak tuntas KKM. Dengan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa perolehan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan. Dari perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 7,866 dan ttabel sebesar

2,064 atau thitung lebih besar dari ttabel yaitu  7,866 > 2,064, maka H0 ditolak dan Ha

diterima sehingga dapat disimpulkan menggunakan model pembelajaran  Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA materi siklus daur hidup mahkluk hidup siswa kelas IV SDN 02 Bugangan dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci :,hasil belajar, model PBL

 

Abstract: This study aims to determine the increase in learning outcomes using Problem Based Learning learning models in science learning material life cycle life cycle of fourth grade students of SDN 02 Bugangan. The population in this study were all fourth grade students of SDN 02 Bugangan Semarang in the academic year 2018 / 2019. This study was an experimental study with a quantitative approach. The design of this study is a pre-experimental study with the type of research used is one group pretest-posttest design which uses non probability sampling technique. Data collection techniques in this study using test and non-test techniques (observation and documentation). Based on the results of the analysis show that the acquisition of the calculation of the learning outcomes of the pretest and posttest is different. This is evidenced by obtaining a pretest value with an average of 63.56 achieving completeness of 40% or 10 students who complete and 60% or 15 students not complete. And the posttest results with an average of 74.96 reached 84% completeness or as many as 21 students who completed KKM and there were only 4 students who did not complete KKM. With these results, it can be seen that the acquisition of student mastery learning has increased. From the calculation of t-test obtained by tcount of 7.866 and ttable of

2.064 or tcount greater than ttable that is 7.866> 2.064, then H0 is rejected and Ha is accepted so it can be concluded using Problem Based Learning learning models in science learning material life cycle class life cycle students IV SDN 02

Bugangan can improve learning outcomes.

Keywords: learning outcomes, PBL model


Full Text: PDF