Last modified: 2019-06-18
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak orang yang sudah kehilangan budi pekertinya,hal yang diajarkan di sekolah akan menumbuhkan perilaku yang positif seperti toleransi,kerja sama,disiplin,tanggung jawab,mandiri dan sebagainya. Agar dapat menumbuhkan perilaku yang positif,maka penanaman karakter sangatlah penting. Apabila sejak dini seorang anak tidak ditanamkan mengenai pendidikan karakter dan budaya maka yang terjadi adalah menurunnya moral masyarakat. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana program budaya sekolah dalam menanamkan karakter disiplin siswa SD Tambakrejo 03 Semarang. Sumber data penelitian yaitu guru dan siswa kelas III,IV dan V. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah dilihat dari hasil observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Program budaya sekolah dalam menanamkan karakter disiplin di SD Negeri Tambakrejo
03 Semarang sudah berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini terlihat dari budaya sekolah yang ditanamkan oleh siswa setiap harinya seperti pembiasaan apel pagi,datang ke sekolah tepat waktu,berpakaian sesuai peraturan,melaksanakan piket kelas sesuai dengan jadwal,mengumpulkan tugas tepat waktu. Dari hasil analisis tersebut dapat di simpulkan bahwa program budaya sekolah sangat bagus di gunakan untuk pembentukan karakter siswa.
Kata kunci: budaya sekolah, karakter, disiplin
Abstract : This research is motivated by many people who have lost their minds, the things taught in schools will foster positive behaviors such as tolerance, cooperation, discipline, responsibility, independence and so on. In order to grow positive behavior, planting character is very important. If a child is not planted early on character education and culture, what happens is the decline of community morale. This research is descriptive qualitative which aims to find out how the school culture program in instilling the disciplinary character of students at SD Tambakrejo 03 Semarang. Sources of research data are teachers and students of class III, IV and V. The data collection procedures used are observation, interviews, questionnaires and documentation. Based on the results of this study are seen from the results of observations, interviews, questionnaires and documentation. The school culture program in instilling discipline in Tambakrejo Public Elementary School 03 Semarang has been going well and smoothly. This can be seen from the school culture instilled by students every day such as habituating morning apples, coming to school on time, dressing according to regulations, carrying out class pickets according to schedule, collecting assignments on time. From the results of the analysis it can beconcluded that the school culture program is very good to use for the formation of student character.
Keywords: school culture, character, discipline