Last modified: 2019-06-18
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika di kelas V Sd N Wonolopo 02 Semarang adalah rendahnya dalam kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model problem solving untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD N Wonolopo 02 Semarang Tahun Ajaran
2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah
36 siswa. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa, dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Nilai pemecahan masalah matematika diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji lilliefors, analisis data akhir dengan uji t-test dan uji N- Gain. Berdasarkan pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan uji t- test diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,36 > 2,021 maka hipotesis dapat diterima, dan perhitungan dengan uji N-Gain diperoleh 0,36 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD N Wonolopo 02 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran problem solving dapat digunakan sebagai alternative guru dalam mengajar.
Kata Kunci : Model Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika
Abstract : The problem faced in mathematics learning in class V of SD N Wonolopo 02 Semarang is the low level of mathematical problem-solving skills in students, so that students do not understand the material presented. Therefore this study aims to describe the implementation of problem solving models for mathematical problem solving abilities of fifth grade students of SD N Wonolopo
02 Semarang Academic Year 2018/2019. This type of research is quantitative with the design of Pre-Experimental Designs (nondesigns) with the research design of One-Group Pretest-Posttest Design. The population in this study were all students of class V, amounting to 36 students. The samples taken were all students of class V, amounting to 36 students, using the Nonprobability Sampling technique with a type of saturated sampling technique. The value of solving mathematical problems is obtained from the value of the pretest and posttest. The results of this study were
obtained by conducting preliminary data analysis, normality test with lilliefors test, analysis of final data with t-test and N-Gain test. Based on the final data analysis that has been calculated the t-test is obtained tcount> ttable that is 4.36>
2.021 then the hypothesis can be accepted, and the calculation with the N-Gain test is obtained 0.36 with the medium category. It can be concluded that effective problem solving models for mathematical problem solving abilities of fifth grade students of SD N Wonolopo 02 Semarang. Based on the results of this study the suggestions that can be conveyed are that the problem solving learning model can be used as an alternative teacher in teaching.
Keyword : Model Problem Solving, Problem Solving Skill, Mathematics