Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional HIMA PGSD 2019

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA BALMATIF (BALOK MIKA MANIPULATIF) SUBTEMA MENYAYANGI HEWAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KARANGAWEN
Muhammad Iqbal

Last modified: 2019-06-18

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran tematik yang melibatkan kemandirian siswa dan partisipasi siswa secara langsung terhadap media pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media Balmatif (balok mika manipulatif) sebagai pendukung bahan ajar tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, subtema Menyayangi Hewan, terutama materi pecahan Kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research  and  Development (RnD)  dengan  model  pemikiran  Borg  and  Gall. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil kelayakan berdasarkan analisis data oleh pakar ahli memperoleh rata-rata sebesar 84,00% untuk kelayakan media dan 91,47% untuk kelayakan materi pembelajaran. Hasil analisis respon guru terhadap media memperoleh persentase di SD N Karangawen 2 sebesar 93,33%, SD N Karangawen 1 sebesar 91,67%, SD N Teluk sebesar 83,33%, dan di SD N Rejosari 1 sebesar 88,16%. Hasil angket respons siswa memperoleh 93,59% untuk SD N Karangawen 2, 98,27%  di SD N Karangawen 1, 95,08% di SD N Teluk, dan 93,81%di SD N Rejosari 1. Media Balmatif (balok mika manipulatif) sebagai pendukung bahan ajar tema meyayangi tumbuhan dan hewan subtema menyayangi hewan telah memenuhi kriteria sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata  Kunci: Pengembangan,  Media,  Balmatif,  Balok,  Mika,  Manipulatif, Pecahan

Abstract: This research is motivated by the lack of thematic learning media involving  student  independence  and  direct  participation  of  the  students  in learning media. The purpose of this study is to determine Balmatif (manipulative mica blocks) media feasibility as teaching material proponent in theme Love Plants and Animals, Subthemes of Loving Animals, especially fractions of Class III Elementary School. The type of research used is Research and Development (RnD) with the thinking model of Borg and Gall. Data analysis techniques of the research used descriptive qualitative and quantitative descriptive. The results of feasibility based on data analysis by experts obtained an average of 84.00% for media feasibility and 91.47% for the feasibility of learning material. The results of the analysis of teacher responses to the media in SDN Karangawen 2 obtained a percentage of 93.33%, SDN Karangawen 1 of 91.67%, SDN Teluk of 83.33%, and SDN Rejosari 1 of 88.16%. The results of student questionnaire responses obtained 93.59% for SD N Karangawen 2, 97.71% in SD N Karangawen 1,

91,94%  at  SD  N  Teluk,  and  93.81%  at  SD  N  Rejosari  1.  Media  Balmatif

(manipulative mica blocks) as a proponent of theme teaching materials that love plants and animals sub-themes love animals have fulfilled the criteria of very good and feasible to be used in the learning process.

Keywords:   Development,   Media,   Balmatif,   Blocks,   Mica,   Manipulative, Fractions


Full Text: PDF