Last modified: 2019-06-18
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi redahnya pemahaman siswa dalam meyelesaikan soal dengan kemampuan pemecahan maslah matematika dan nilai hasil belajar yang rendah siswa serat guru yang belum menggunakan model pembelajaran serta keterbatasan media yang dimiliki oleh sekolah. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “ Adakah pengaruh model pembelajaran STAD berbantu media papiku terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV semester genap SDN Jipang Grobogan?” Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbantu media papiku terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa elas IV semester genap SDN Jipang Hasil analisis data penelitian uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 98,25 ttabel sebesar 2,02 dengan demikian thitung> ttabel atau 98,25 > 2,02 maka maka Ho ditolak dan H1 diterima atau dapat dikatakan bahwa perbedaan rata-rata kondisi awal dengan kondisi akhir signifikan. Kesimpulannya adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran STAD Berbantu Media Papiku Terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Kelas IV SDN semester genap Jipang Grobogan.
Kata Kunci: STAD, kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Abstract: This research is based on the background of the students' understanding in solving problems with the ability to solve mathematical problems and the low value of learning outcomes of fiber students who have not used the learning model and the limitations of the media owned by the school. The problem studied in this study was "Is there any influence of my papuan media-assisted STAD learning model on mathematical problem- solving abilities of fourth-grade students of Jipang Grobogan Elementary School?" elas IV even semester SDN Jipang The results of research data analysis of hypothesis testing obtained the price of tcount of 98.25 table of
2.02 thus tcount> ttable or 98.25> 2.02 then Ho is rejected and H1 is accepted or it can be said that the difference in average initial conditions with significant final conditions. The conclusion is that there is the effect of applying the Papiku Media-Supported STAD learning model to the mathematical problem solving ability of Class IV of the Jipang Grobogan semester elementary school.
Keywords: STAD, problem solving Mathematics