Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional HIMA PGSD 2019

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN CAMTASIA PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ULUJAMI
Hari Wicaksono, Khusnul Fajriyah

Last modified: 2019-06-18

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang bahwa kurangnya variasi penggunaan media yang digunakan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SDN Kaliprau 02, SDN Ketapang 02 dan SDN Padek 01 ternyata penggunaan media masih sedikit dan kurang bervariasi. Kebanyakan media yang sering digunakan yaitu media berupa gambar dibuku dan media asli yang sekali pakai dalam proses pembelajaran. Solusi  yang sesuai dari permasalahan itu adalah dengan menggunakan media audio visual menggunakan camtasia dengan hasil akhir berbentuk video pembelajaran yang dilengkapi materi, gambar, suara dan animasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Metode penelitian dan pengembangan itu menghasilkan sebuahproduk yang nantinya dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang efektif dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melihat nilai masing-masing aspek atau deskriptor pada angket.  Teknik analisis data yaitu kevalidan produk dan kepraktisan produk. Data yang terkumpul dianalisis dengan menghitung rata-rata skor yang diperoleh dan dianalisis menjadi data deskriptif. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaranaudio visual menggunakan camtasia pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan kenampakan alam buatan di Indonesia serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dinyatakan valid dan praktis layak digunakan dengan total rata-rata presentase keidealan ahli media dan ahli materi sebesar 90% dan untuk kepraktisan dengan total rata-rata presentase keidealan tanggapan guru dan siswa sebesar 96,5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual menggunakan camtasia valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPS untuk siswa kelas V Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Pengembangan model ADDIE, Media Pembelajaran, Audio Visual

Menggunakan Camtasia.

 

Abstract:

The   research   background   ofvariation   of   media   usage   used   in thelearning  process  especially in  the  V  of  Elementary  School.  The results  of observations and interviews conducted by researchers at SDN Kaliprau 02, SDN Ketapang 02 and SDN Padek 01 turned out that media use was still small and varied. Most media that are often used are media in the form of pictures in books and  original  media  that  are  used  in  the  learning  process.  The  appropriate solution of the problem is to use audio visual media using camtasia with the final results in the form of learning videos that are equipped with material, images, sound and animation. This type of research uses the Research and Development (R & D) method with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation,   and   Evaluation).   The   research   and   development   method produces a product that can later be used as an effective learning resource in the learning process. The data analysis technique is done by looking at the value of each aspect or descriptor on the questionnaire. Data analysis techniques are product validity and product practicality. The collected data was analyzed by calculating the average score obtained and analyzed into descriptive data. The results of this study in the form of audio visual learning media using camtasia on social studies subjects natural appearance material and artificial natural appearance in Indonesia and time zone divisions in Indonesia were declared valid and practically feasible to use with the average percentage percentage of media experts and material experts ideal at 90% and for practicality with a total percentage average the teacher and student responses are 96.5%. From these results it can be concluded that the use of audio-visual media using valid and practical camtasia is used in the social studies learning process for fifth grade students of elementary school.

Keywords: Development of ADDIE model, Learning Media, Audio Visual Using

Camtasia


Full Text: PDF