Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Menduniakan Bahasa dan Sastra Indonesia

Font Size: 
PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI TEKS BERNUANSA KARAKTER
Larasati larasati

Last modified: 2019-01-17

Abstract


Bahasa Indonesia merupakan matapelajaran wajib bagi siswa segala jenjang. Dengan demikian, posisinya sangat strategis  dalam memberikan warna nilai-nilai karakter bagi siswa. Pada kurikulum 2013, teks adalah salah satu sarana pembelajaran yang efektif pada matapelajaran Bahasa Indonesia. Tulisan ini memaparkan deskripsi penanaman Pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui teks bernuansa karakter. Berdasarkan hasil kajian, penanam pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui teks dapat dilakukan melalui 2 kegiatan, yakni (1) memilih dan menyusun teks bernuansa karakter, dan (2) Implementasi teks bernuansa karakter melalui pembelajaran. Saran yang dapat diberikan adalah guru Bahasa Indonesia hendaknya sadar bahwa intensitasnya bertemu dengan siswa di kelas sangat tinggi sehingga posisinya sangat strategis dalam menanamkan pendidikan karakter kepada siswa. Selanjutnya, perlu dilakukan penelitian secara spesifik mengenai model penanaman karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui teks pada sekolah tertentu sehingga ada gambaran konkret deskripsi hasil belajar yang telah dicapai.

Kata kunci: Pendidikan karakter, teks, pembelajaran Bahasa Indonesia.


Full Text: 116-125