Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
Analisis Nilai Krarakter Lagu Anak-Anak Dalam Buku Paket Siswa Kelas III SD
Panji Chakim Maskur, Mudzanatun Mudzanatun, Husni Wakhyudin

Last modified: 2017-07-24

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya pendidikan karakter bagi anak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional menurut UU No 20 Th 2003 pasal 3. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai karakter lagu anak-anak dalam buku paket siswa kelas III sekolah dasar.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai karakter lagu anak-anak yang terdapat pada buku Pengetahuan Sosial terpadu penerbit Erlangga dan Seni Budaya dan Ketrampilan penerbit Yudhistira untuk kelas 3 SD tahun 2010.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah metode deskriptifdan catat simak. Setting penelitian dilaksanakan di SD Tlogosari kulon 03 Semarang dan Universitas PGRI Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara.

Berdasarkan hasil analisis dan penelitian, maka ditemukan nilai-nilai karakter lagu anak-anak dalam buku paket siswa kelas III SD berdasarkan 15 nilai karakter.

Saran yang dapat peneliti sampaikanyaitu lagu anak dapat dijadikan inspirasi bagi para pendidik, guru dapat memasukan nilai karakter yang belum ada di dalam lagu anak-anak.

Full Text: PDF