Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN TEACHING MATERIAL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KEPEDULIAN SISWA SD DI KOTA SEMARANG
Wiwik Kusdaryani, Veryliana Purnamasari, Sukamto Sukamto

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kesulitan guru dalam membuat teaching material yang dapat mengembangkan nilai karakter siswa. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya dengan judul “Analisis Kualitas Teaching Material Berbasis Tematik Integratif Ditinjau dari Pengembangan Karakter Siswa”. Berdasarkan penelitian tersebut ternyata banyak guru yang belum maksimal dalam mengembangkan teaching material dengan pendekatan saintifik untuk mengembangkan karakter kepedulian. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan teaching material berbasis scientific approach yang layak untuk membangun karakter kepedulian. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Di tahun pertama dilakukan pengembangan teaching material yang terdiri atas tahap : (1)penelitian dan pengumpulan data,(2) perencanaan,(3) pengembangan draft produk, Instrumen validasi produk ini digunakan untuk kriteria kevalidan produk. Hasil penelitian ini berupa teaching material berbasis scientific approach untuk membangun karakter kepedulian. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa lesson plan yang telah dikembangkan layak menurut ahli materi dan ahli pembelajaran.  Hasil validasi produk lesson plan menurut ahli materi 115 pada silabus, 178 pada lesson plan, 95 pada LKS, 80 pada instrumen penilaian dan teaching material berbasis scientific approach untuk membangun karakter kepedulian dinilai layak untuk digunakan menurut ahli pembelajaran dengan nilai sangat baik pada produk teaching material dengan skor validasi total 104 pada silabus, 167 pada lesson plan, 86 pada LKS, 73 pada instrumen penilaian.

Kata Kunci: teaching material, scientific approach, kara kter kepedulian

Abstract

The problem underlying this study is the difficulty in making teaching material teachers, to develop the character values ​​of students. It is known based on the research done previously with the title "Analysis of Teaching Material Quality Thematic-Based Integrative Judging of Student Character Development". Based on these studies there are many teachers who have not been up to develop teaching materials with a scientific approach to develop the character of concern especially in elementary school students. The purpose of this research is to produce teaching material based on proper scientific approach to build character concerns. This study is a research and development. In the first year, lesson plan development consisting of stages: (1) research and data collection, (2) planning, (3) development of draft products, product validation instrument is used for criterion validity of the product. The results of this study in the form of a teaching material based scientific approach to build character concerns. The results of the expert assessment showed that the teaching material that has been developed to qualify as subject matter experts and learning experts. The results of product validation teaching material by subject matter expert sillaby 115, lesson plan 178, LKS 95 and instrument 80.  The results of product validation teaching material by learning  expert sillaby 104, lesson plan 167, LKS 86 and instrument 73

Keywords: teaching material, scientific approach, character


Full Text: PDF