Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS “ PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATANNYA” PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SARIREJO KENDAL
Begjo Prasetiya Sudrajat, Djariyo Djariyo, Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Pembelajaran di MI Muhammadiyah Sarirejo Kendal masih kurang dalam menggunakan model pembelajaran. Kurangnya variasi dalam penggunaan model pembelajaran menyebabkan peran serta peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang karena pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga siswa cenderung pasif sehingga hasil belajar siswa masih rendah dan belum mencapai KKM. Siswa kurang bisa bekerja secara berkelompok untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, hanya siswa yang terbiasa aktif yang mengerjakan seluruh tugas pada saat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design.

Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 84 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 73 dengan selisih rata-rata 11 dengan banyak siswa yang tuntas pada kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa, dan pada kelas kontrol sebanyak 19 siswa tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar siswa subtema manfaat makanan sehat dan bergizi kelas IV MI Muhammadiyah Sarirejo Kendal.


Full Text: PDF