Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN BAHAN AJAR BROSUR CERDAS SISWA KELAS V SDN TEGALARUM 1 DEMAK
Kridho Bambang Hartomo

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Tegalarum 1 pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) yang masih berpusat kepada guru atau teacher center. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menerapkan model picture and picture berbantuan bahan ajar brosur cerdas pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tegalarum 1 Demak?. Tujuan dalam penelitian ini adalah tidak lain untuk mengetahui pencapaian dari rumusan masalah yang telah ditentukan. Hasil penelitian setelah diterapkan model picture and picture berbantuan bahan ajar brosur cerdas menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari persentase Siklus I yaitu 62,5%, dan pada Siklus II yaitu 83,33%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus berikutnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 71,5 dan pada siklus II yaitu 80,96. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran picture and picture berbantuan bahan ajar brosur cerdas dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V SD Negeri Tegalarum 1 Mranggen Demak.

 


Full Text: PDF