Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
ANALISIS NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN
Ika Purnama Sari

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya degradasi moral anak bangsa ini yang terjadi pada instansi pendidikan dasar, dimana seharusnya sebuah instansi pendidikan dasar memberikan pelayanan, pengarahan dan contoh beretika yang baik bagi guru maupun siswa melalui pembiasaan nilai-nilai karakter di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai karakter peserta didik yang di bentuk dalam pelaksanaan sekolah ramah lingkungan  di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang.

Jenis Penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan mengamati dan melakukan wawancara yang disusun dalam pembagian angket mengenai indikator pertanyaan nilai karakter sekolah untuk guru dan peserta didik SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari analisis, peserta didik mempunyai 18 nilai kakter yaitu (1) religius, (2) jujur, (3) toleran, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis, (9) rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat/komunikatif, (14) cinta damai, (15) gemar membaca, (16) peduli lingkungan, (17) peduli sosial, (18) tanggung jawab.  Dapat disimpulkan bahwa nilai karakter peserta didik di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang adalah sangat baik.


Full Text: PDF