Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KORELASI PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Taufiq Galih Heriyanto

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi korelasi antara pendidikan
orang tua dan pemberian motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV
Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan
bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antara pendidikan orang tua dan
pemberian motivasi belajar dengan hasil belajar matematika. Pada instrumen
angket koefisien Alpha Cronbach hasil pearson product moment sebesar 0,945
dalam arti dengan kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil uji korelasi spearman
rank sebesar 0,684 dan 0,658, dalam kategori hubungan sedang antara pendidikan
orang tua dengan hasil belajar matematika dan koefisien tersebut signifikan pada
taraf 0,05. Hasil uji spearman rank selanjutnya sebesar 0,684, 0,971, dan 0,837
dalam kategori hubungan tinggi (kuat) antara pemberian motivasi belajar dengan
hasil belajar matematika dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang
positif dan signifikan antara pendidikan orang tua dan pemberian motivasi belajar
dengan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Full Text: PDF