Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODELQUANTUM LEARNINGBERBANTUAN EDUCATION POSTER UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SD NEGERI SENDANGMULYO 04
Uli Inge, Henry Januar S, Ari Widyaningrum

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa yang masih rendah yaitu di bawah KKM 76pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ketuntasan belajar siswa dapat meningkat dengan menerapkan model quantum learning berbantuan education poster pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Sendangmulyo 04?,2) Apakah hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan model quantum learningberbantuan education posterpada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Sendangmulyo 04?. Tujuan dalam penelitian ini adalah tidak lain untuk mengetahui pencapaian dari rumusan masalah yang telah ditentukan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari persentase Siklus I yaitu 39%, pada Siklus II yaitu 71% dan pada Siklus III menjadi 100%.Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus berikutnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 67,74 pada siklus II menjadi 74,83 dan pada siklus III yaitu 83,93.

Kesimpulannya model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sendangmulyo 04.


Full Text: PDF