Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN REJOSARI 03 SEMARANG
Hidayatul Azizah Candra Sari

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan  model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas  V SDN Rejosari 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Rejosari 03 Semarang. Sampel yang diambil adalah 48 siswa yang terdiri dari 24 kelas V A dan 24 kelas V B.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis. Untuk uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan dan uji homogenitas. Rata-rata posttest kelas eksperimen 83,3 dan kelas kontrol 72,5.Kesimpulannya model pembelajaran Mind Mapping efektif terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Rejosari 03 Semarang.  Berdasarkan hasil analisis thitung sebesar 2,89433 sedangkan ttabel sebesar 2,021 karena thitung ˃ ttabel yaitu 2,89433 ˃ 2,021 maka H0 ditolak dan H1 diterima.


Full Text: PDF