Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGARUH MOTIVASI GURU DAN LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SDN SARIREJO SEMARANG
Muhammad Nasir

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi guru dan layanan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa kelas V SDN Sarirejo Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Sampel yang diambil adalah 87 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda di bantu dengan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel bebas motivasi guru dan layanan perpustakaan sekolah terhadap variabel terikat minat baca siswa kelas V SDN Sarirejo Semarang, hal ini terlihat dari nilai Fhitung 14,410 > Ftabel 3,11 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Motivasi guru dan layanan perpustakaan sekolah juga memiliki pengaruh secara simultan terhadap minat baca siswa, dibuktikan dengan koefisian determinasi (R Square) 25,5%. Dapat disimpulkan bahwa semakin sering guru memberi motivasi dan semakin baik layanan perpustakaan sekolah maka semakin berpengaruh terhadap minat baca siswa kelas V SDN Sarirejo Semarang.

Full Text: PDF