Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI PEDURUNGAN KIDUL 02 SEMARANG
Priska Cristantin

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Siswa malu bertanya terhadap hal-hal yang belum dimengerti. Sehingga hasil belajar rendah dan tidak mencapai KKM (Nilai Ketuntasan Minimal).

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi belajar terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model kooperative tipe Jigsaw pada SD Negeri Pedurungan Kidul 02.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh motivasi terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran kooperative tipe Jigsaw dapat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran di SD Negeri Pedurungan Kidul 02.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif..Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang yang berjumlah 38 siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Intsrumen pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-postest desaign.

Full Text: PDF