Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SDN NGURENREJO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Lia Dwi Rachmawati, Fine Reffiane, Intan Rahmawati

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini, Apakah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Ngurenrejo Kab. Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA  pada siswa kelas IV SDN Ngurenrejo dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)”.

Penelitian ini di laksanakan pada semester I selama 1 bulan yang dimulai dari pertengahan bulan Juli sampai pertengahan bulan Agustus 2016 bertempat di SDN Ngurenrejo. Subjek penelitian adalah kelas IV yang berjumlah 37 siswa yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 21 siswi perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar siswa kelas IV dapat meningkat melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini dibuktikan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus ke Siklus berikutnya. Pada Pra Siklus ketuntasan belajar siswa klasikal 51%, pada Siklus I yaitu 78%, dan Siklus II 89%. Dari peningkatan hasil belajar siswa diperoleh N-gain sebesar 0,51 dalam kategori sedang.

Meningkatnya hasil ketuntasan belajar siswa didukung dengan adanya hasil aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam kategori baik sekali/optimal dengan persentase Siklus I 79,8% dan Siklus II 83,63%. Selain aktivitas siswa, nilai afektif siswa diperoleh hasil pada Siklus II 84,05%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerepan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA  pada siswa kelas IV SDN Ngurenrejo


Full Text: PDF