Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGARUH MODEL ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA PAJULI TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 NGRAJI KABUPATEN GROBOGAN
Yella Wahyu Hapsari

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, siswa malu berbicara didepan umum dan guru masih jarang menggunakan model-model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung aktif dalam keterampilan berbicara dan berkomunikasi. Hal tersebut disebabkan guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu siswa dalam mempermudah pemahaman pembelajaran karena keterbatasan waktu yang dimiliki guru dan kesibukan yang tidak bisa meluangkan waktu untuk membuat media pembelajaran. Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui pengaruh model role playing berbantu media PAJULI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 05 Ngraji Kabupaten Grobogan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan design penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design yang dilakukan di SD Negeri 05 Ngraji Kabupaten Grobogan menggunakan dua kelas dengan jumlah 63 Siswa kelas IV. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil uji t diperoleh maka  yaitu , sehingga hipotesis Ho ditolak. Jadi rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model role playing berbantu media PAJULI lebih baik daripada keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa yang diajar dengan  model pembelajaran konvesional pada materi menafsirkan harga kumpulan barang kelas IV.


Full Text: PDF