Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD N 03 SUKOHARJO PATI
Nur Widayati

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena rendahnya hasil belajar matematika dan kurang aktifnya siswa kelas IV SD N 03 Sukoharjo Pati. Guru hanya menjelaskan materi kemudian memina siswa menghafal rumu kemudian dilanjutkan dengan dengan mengerjakan contoh soal yang ada di buku. Maka tida terjadi keaktifan siswa dan pembelajaran hanya sekedar hafalan tanpa mengaitkan penerapan dalam kehidupan sehari-hari mengakibatkan pemahaman sementara dan hanya konteks tertentu. Agar siswa dapat terlibat aktif maka dapat menggunakan model seperti contextual teaching and learning. Model contextual teaching and learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pengukuran waktu, panjang, dan berat siswa kelas IV SD N 03 Sukoharjo  Pati. Jenis penelitian yang digunakan  adalah penelitian kuantitatif, dengan design penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design yang dilakukan di SD N 3 Sukoharjo Pati  menggunakan satu kelas dengan jumlah 32 Siswa kelas IV. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan tes.


Full Text: PDF