Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA “PUTREN BOOK” PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA JAWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANJANG KABUPATEN PATI
Liska Widiyarini

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi keragaman suku bangsa dan budaya Jawa menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi hal tersebut guru memerlukan media yang dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, salah satunya permainan boneka tiga dimensi yang di kembangkan menjadi media putren book. Media putren book ini digunakan dalam pembelajaran materi keragaman suku bangsa dan budaya Jawa  kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV SD Negeri Manjang Kabupaten Pati. Pengolahan data diambil dari validasi ahli materi IPS, ahli media, angket tanggapan siswa dan hasil pretest dan posttest dengan gain-score. Hasil analisis pada validasi ahli materi 90% sangat layak, ahli media 93,75% sangat layak, angket tanggapan siswa 93,33% sangat layak, rata-rata hasil belajar Post test 85% lebih besar daripada rata-rata hasil pretest 62%, dan gain-score sedang. Hal ini menunjukkan bahwa media Putren Book efektif terhadap hasil belajar IPS materi Keragaman suku bangsa dan budaya kelas IV SDN Manjang Kabupaten pati. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, guru diharapkan dapat menciptakan media pembelajaran berbasis permainan anak untuk menarik perhatian siswa.


Full Text: PDF