Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA VIDEO PEMBELAJARAN TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK SISWAKELAS IV SD
Danang Sulistyo Nugroho

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Pentingnya peran media pembelajaran sering kali tidak dimaksimalkan karena kreativitas guru dan para peserta didik,media pembelajaran yang digunakan saat inisangatlah terbatas dan kurang bervariasi.Media yang digunakan antara lain globe,gambar- gambar, peta, atlas (kumpulan peta), model rangka, model tubuh manusia, dan tidak adanya media yang mendukung pembelajaran yang menjadikan siswa aktif dan semangat dalam belajar.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media pembelajaran gambar berseri pada tema indahnya kebersamaan untuk siswa kelas IV SD?Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mengembangkan media pembelajaran gambar berseri pada tema indahnya kebersamaan untuk siswa kelas IV SD.

Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) yaitu rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada agar dapat dipertanggung jawabkan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menerapkan prosedur model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).Subjek penelitiansiswa kelas IV SD yang diambil adalah kelas IV yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari lembar angket ahli media, lembar angket ahli materi, dan angket siswa serta informasi yang didapatkan dari guru SD.

Hasil penelitian menghasilkan media gambar berseri materi “Tema 1 Indahnya Kebersamaan” kelas IV SD semester I kurikulum 2013. Media gambar berseri layak digunakan sebagai media pembelajaran materi “Tema 1 Indahnya Kebersamaan” berdasarkan rata-rata nilai kelayakan produk hasil validasi ahli (ahli media yaitu 85,5%, dan ahli materi yaitu 89%) dengan kategori layak. Media gambar berseri efektif dalam upaya memotivasi siswa lebih aktif dan kreatif dan mendapat respon baik yang diukur melalui angket dengan persentase rata-rata penerimaan siswa sebesar 86%. Maka dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri efektif diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil analisis hasil evaluasi, rata-rata nilai siswa sebesar 79.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan guru memperbanyak pengetahuan tentang media yang dgunakan dalam pembelajaran kreatif dalam mengembangkan materi agar menarik perhatian siswa.materi pembelajaran diimbangi dengan penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan menarik sehingga pembelajaran dapat lebih menyenangkan.

 


Full Text: PDF