Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 04 KAJEN
Kharisma Devi Herindra, Supardi Supardi, Diana Endah Handayani

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkat atau tidaknya keaktifan dan hasil belajar IPA yang mendukung pada siswa kelas V SD Negeri 04 Kajen dengan menggunakan Model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat meningkatnya keaktifan klasikal siswa dari siklus I pertemuan 1 dengan presentase 58,33% dan pertemuan 2 dengan presentase 75%, meningkat pada siklus II pertemuan 1 dengan presentase 87,5% dan pertemuan 2 dengan presentase 95%. Dan ketuntasan klasikal hasil belajar meningkat pada siklus I menjadi 36% dengan rata-rata 68, kemudian peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 89% dengan rata-rata 83. Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian ini adalah, model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keaktifan dan  hasil belajar IPA siswa, oleh karena itu guru perlu menerapkan model pembelajaran Picture and Picture dengan baik agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar.


Full Text: PDF