Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KREMAN 01 TEGAL
Feni Imsa Almafdi

Last modified: 2017-07-21

Abstract


“Keefektifan Model STAD Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kreman 01 Tegal.” Pada Skripsi 2016, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I Drs. Djaryo,M.Pd dan Dosen pembimbing II Husni Wakhyudin, S.Pd., M.Pd.

Latar belakangpenelitian adalah Perkembangan zaman telah memberikan dampak di dalam dunia pendidikan. Mengikuti perkembangan zaman menjadi pilihan utama di dalam dunia pendidikan.

Pada penelitian ini bersumber dari permasalahan pembelajaran IPA pada materi kerangka manusia yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Berdasarkan  observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Kreman 01  nilai ujian tengah semester memperoleh rata-rata 65 nilai tersebut masih dibawah KKM yang seharusnya nilai siswa harus mencapai 68.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Student Teams Achievment Division (STAD) berbantu media Audio Visualterhadap pemahaman konsep materi Rangka Manusia.

Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan design pre-experimental berupa one-group-pretest-posttest design.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Kreman 01 Tegal yang berjumlah 28 siswa dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian setelah mendapatkan perlakuan diperoleh rata-rata kelas = 81,25. Sedangkan untuk uji t dengan α = 5% diperoleh thitung = 6,91 dan ttabel = 1,71 jadi thitung > ttabel maka nilai siswa SD N kreman  01 mencapai KKM yaitu 68. Pada uji banding dua sampel diperoleh thitung = 14,46937 dan ttabel = 2,014 jadi thitung > ttabelmaka nilai siswa pada kelas IV SD N Kreman 01 Tegal sesudah menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik dari sebelum menggunakan model pembelajaran STAD. Pada pengujian signifikan terhadap koefisien korelasi ganda Fh = 3,6906 Harga ini dikonsultasikan dengan Ftabel 3,2 dengan α = 5%, Dari perhitungan di atas ternyata Fh > Ft (3,6906> 3,2) maka ada hubungan antara karakter kerjasama dan keberanian terhadap Pemahaman konsep. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa “Keefektifan Model STAD Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kreman 01 Tegal”

Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD ) adalah model yang dapat mengaktifkan siswa, dan memberikan suasana yang menyenangkan Model ini perlu dijadikan salah satu model penyokong untuk meningkatkan hasil belajar.


Full Text: PDF