Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTU MEDIA POPIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN PLEBURAN 02 KOTA SEMARANG
Syafira Zalza Bella Gupita

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini adalah Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan terutama pada mata pelajaran Matematika menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Pembelajaran dengan model Talking Stick yang dibantu dengan media Popin adalah salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan menambah pemahaman siswa terhadap  materi  yang  diajarkan. Dalam proses pembelajaran siswa harus aktif.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah  “Apakah  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantu Media Popin Efektif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SDN Pleburan 02 Kota Semarang?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantu Media Popin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SDN Pleburan 02 Kota Semarang.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan jenis one grup pretest-postest design. Teknik analisis data menggunakan analisis awal dan akhir yang menggunakan uji normalitas dan uji beda t-test.

Berdasarkan hasil analisis data yang diujikan diperoleh thitung= 5,432. Kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada db = 13 dan taraf α = 0,05 adalah 2,160. Kriteria pengujian hipotesis adalah H0 diterima apabila thitung< ttabel. Pada hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar Pretest dan hasil belajar Post test. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa rata-rata hasil belajar Post test = 80,83lebih besar daripada rata-rata hasil belajar Pre test= 65,42maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantu media Popin efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Pleburan 02 Kota Semarang.

Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah Model Talking Stick berbantu media Popin dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika.


Full Text: PDF