Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI KALICARI 02 SEMARANG
RIZKA SATYA PUTRA

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Pada penelitian ini bersumber dari permasalahan pembelajaran IPS pada materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan Alam  yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Berdasarkan  observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Kalicari 02  nilai ujian tengah semester memperoleh rata-rata 65 nilai tersebut masih dibawah KKM yang seharusnya nilai siswa harus mencapai 70.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Student Teams Achievment Division (STAD)berbantu media gambar terhadap pemahaman konsep materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan Alam  siswa kelas IV SDN Kalicari 02 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Kalicari 02 Semarang yang berjumlah 25 siswa dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian setelah mendapatkan perlakuan diperoleh rata-rata kelas = 80,6. Sedangkan untuk uji t dengan dk = 25 dan α = 5% diperoleh thitung = 7,743 dan ttabel = 1,711 jadi thitung > ttabel maka nilai siswa SD N kalicari  02 mencapai KKM yaitu 70. Pada uji banding dua sampel diperoleh thitung = 16 dan ttabel = 0,14976 jadi thitung > ttabel maka nilai siswa pada kelas IV SD N Kalicari 02 Semarang sesudah menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik dari sebelum menggunakan model pembelajaran STAD. Pada pengujian signifikan terhadap koefisien korelasi ganda Fh = 8,081 Harga ini dikonsultasikan dengan Ftabel 3,29 dengan α = 5%, dk pembilang 2 dan dk penyebut 32. Dari perhitungan di atas ternyata Fh > Ft (8,081 > 3,29) maka ada hubungan antara karakter Berperilaku benar dan Rasa ingin tahu terhadap Pemahaman konsep. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa “model pembelajaran STADberbantu mediagambar pada materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan Alam efektif terhadappemahaman konsep siswa kelas IV SD Negeri Kalicari 02 semarang.


Full Text: PDF