Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALICARI 02 SEMARANG
Tri Yadi Widodo, Maryadi Maryadi, Djariyo Djariyo

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Pada penelitian ini bersumber dari permasalahan pembelajaran IPA pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Berdasarkan  observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Kalicari 02  nilai ujian tengah semester memperoleh rata-rata 65 nilai tersebut masih dibawah KKM yang seharusnya nilai siswa harus mencapai 70.

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian adalah : Apakah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kalicari 02 Semarang tahun ajaran 2016/2017?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Kalicari 02 Semarang.

Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design.Pada desain penelitian ini terdapat pretest, sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan.

Hasil penelitian setelah mendapatkan perlakuan diperoleh rata-rata kelas = 80,2. Sedangkan untuk uji t dengan dk = 25 dan α = 5% diperoleh thitung = 6,693 dan ttabel = 1,711 jadi thitung > ttabel maka nilai siswa SD N kalicari  02 mencapai KKM yaitu 70. Pada uji banding dua sampel diperoleh thitung = 16 dan ttabel = 2,060 jadi thitung > ttabelmaka nilai siswa pada kelas IV SD N Kalicari 02 Semarang sesudah menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik dari sebelum menggunakan model pembelajaran STAD.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa “model pembelajaran STAD pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalicari 02 semarang.

Saran yang dapat diberikan dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman materi Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya adalah Didalam mengunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) ini guru harus menjelaskan secara lebih rinci cara bekerja sama dengan baik dan benar.


Full Text: PDF