Last modified: 2017-07-21
Abstract
“Pengaruh Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan berbantu media komik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Peterongan Semarang”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2016.Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPA. Hal tersebut disebabkan karena masih menggunakan model pembelajaran yang kurang merangsang keaktifan, kemampuan berpikir siswa, cenderung seadanya saja dan membuat siswa cepat merasan jenuh dan bosan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran dapat memberikan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Peterongan Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan berbantu media komik dapat memberikan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Peterongan Semarang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Peterongan semarang yang berjumlah 28 siswa. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa yaitu 28 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk Sampling Jenuh.Berdasarkan uji t satu sampel diperoleh thitung = 9,746 dan ttabel = 0,161 jadi thitung > ttabel maka Ha diterima berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan berbantu media komik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Peterongan Semarang.Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah supaya model Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) dengan berbantu media komik dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam kegiatan pembelajaran agar lebih menarik dan bervariasi sehingga hasil belajar IPA dapat mencapai KKM.