Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI SELANDAKA KABUPATEN BANYUMAS
Dwi Yeni Okti Nurohmah, Supardi Supardi, Diana Endah Handayani

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar IPA dan aktivitas yang mendukung pada siswa kelas IV SD Negeri Selandaka Banyumas dengan menggunakan Model Discovery Learning. Penelitian inimenggunakanPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Berdasarkan data hasilpenelitiandiperolehhasil yang cukupmemuaskan.Halinidapatdilihatketuntasan klasikal meningkat pada siklus I menjadi 45% dengan rata-rata 69,25, kemudian peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 85% dengan rata-rata 78,25.Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian ini adalah, model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, oleh karena itu guru perlu menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan baik agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar.


Full Text: PDF