Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N 07 BULUNGCANGKRING KUDUS
Johan Adi Nugroho, Husni Wakhyudin

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Kemampuan siswa dalam memahami perkembangan teknologi masih rendah disebabkan siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, pembelajaran yang digunakan masih menggunakan pembelajaran konvensional, belum menggunakan pembelajaran yang bervariasi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Picture and Picture pada materi perkembanganteknologiefektifterhadaphasilbelajarsiswa kelas IV SD Negeri 07 Bulungcangkring Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 07 Bulungcangkring Kudus yang berjumlah 35 siswa dengandesain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian setelah mendapatkan perlakuan diperoleh rata-rata kelas = 83,71. Sedangkan untuk uji t dengan dk = 35 dan α = 5% diperoleh thitung = 11,678  danttabel= 2,030 jadi thitung>ttabelmakanilaisiswa SD N 07 Bulungcangkringmencapai KKM yaitu 70. Pada uji banding duasampel diperoleh thitung = 24,20 dan ttabel= 0,14976jadi thitung>ttabelmakanilai siswa pada kelas IV SD N 07 Bulungcangkring sesudah menggunakan model pembelajaranPicture and Picture lebih baik dari sebelum menggunakan modelpembelajaranPicture and Picture. Pada pengujian signifikan terhadap koefisien korelasi ganda Fh = 35,951 Harga ini dikonsultasikan dengan Ftabel 3,29 dengan α = 5%, dk pembilang 2 dan dk penyebut 32. Dari perhitungan di atas ternyata Fh>Ft (35,951> 3,29) maka ada hubungan antara karakter disiplin dan rasa ingintahu terhadap hasilbelajar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa “modelpembelajaran picture and picture pada materi perkembanganteknologi efektif menumbuhkan hasilbelajar siswa kelas IV SD Negeri 07 Bulungcangkring Kudus”.


Full Text: PDF